ULASAN2 - Socket concepts using real life example

PENDAHULUAN

Dalam ulasan ini, saya akan mengulas sebuah video berjudul Socket concepts using real life example yang diunggah oleh HowTo berdurasi 5 menit 1 detik, video sudah diputar sebanyak 4,927 views sejak 25 Desember 2014.


RINGKASAN

Dalam video, pengunggah menjelaskan socket dan port dengan konsep "real life". Socket dijelaskan sebagai "surat", dimana agar surat sampai kepada address yang tepat dengan orang yang tepat, maka penamaan tempat tinggal dan penamaan penerima dibutuhkan. Lalu hal yang sama sebenarnya terjadi pada network komputer, setiap komputer memiliki IP address yang dapat digunakan untuk "address" dari setiap komputer untuk mudah dituju oleh komputer lainnya.

Dalam mengirimkan data packages, setiap sistem akan menuliskan destination address berupa ip address sistem lainnya agar masing - masing datanya akan sampai ke target sesuai. Dengan port number yang berfungsi sama dengan nama orang yang dituju, data package yang ditujukan kepada sistem, dengan ip address yang bersesuaikan, akan mampu diterima kepada sistem yang bersesuaian. Maka dari itu, socket merupakan kombinasi Ip Adress + port number yang dimaksud, dimana  IP Adress sebagai alamat sistem yang dituju, dan port number sebagai nama aplikasi yang dituju.

Menurut saya, video yang saya ulas tersebut sangatlah menarik. Dengan pendekatan "real life", saya sendiri pun dapat dengan mudah memahami apa itu socket. Video juga sudah berhasil menjelaskan fungsi dari socket yang sebenarnya.


PENUTUP

GITHUB Account: abdallachair
URL Ulasan: http://chairos171.blogspot.co.id/2017/05/ulasan2-socket-concepts-using-real-life.html
URL Konten: https://youtu.be/oWE6-z7IFyE
Pemetaan: Week 06
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 18 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 18 Mei 2017





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULASAN1 - I/O Request Path: Why Unnecessary I/Os are Created

Ranking00